Sunday, September 19, 2010

KONDISI KULIT MANUSIA

Kulit manusia memang beragam kondisinya... Tapi bagaimana kalau kondisi kulit kita menjadi suatu hal yang tidak biasa dilihat...?

Analisa:
Berikut ada 6 jenis kondisi sulit kulit manusia yang saya kutip dari sebuah majalah Infinity :

1. Kulit Berwarna Biru
Paul Karason (57) dari California, Amerika Serikat, mendapati kulitnya berubah menjadi warna biru setelah menggunakan bahan yang disebut Perak Koroid untuk memulihkan wajahnya yang semula berkedut dan merekah. Paul berkata bahwa produk beracun itu sudah lama dikonsumsinya, namun tidak menunjukkan adanya perubahan sehingga dia mencoba mengosokkan bahan itu ke mukanya. 17 tahun sudah berlalu dan Paul kerap akrab disapa sebagai "Lelaki Biru".
Environmental Protection Agency dari Amerika Serikat melaporkan bahwa kasus seperti ini disebut sebagai arigiria yang disebabkan oleh bahan kimia yang mengandung elemen perak atau berada di kawasan perak. Mereka juga mengatakan bahwa orang yang bekerja di pabrik perak bisa bernasib sama seperti Paul.

2. Kulit Sensitif Cetus Kreativity
Kondisi kulit dermatographia dikategorikan antara sistem imunisasi yang terlalu sensitif terhadap luka. Sensitif dengan pergesekan kulit terhadap benda keras, bintik merah pasti akan langsung timbul kepermukaan kulit. Perubahan tersebut disebabkan oleh sel dalam permukaan kulit mengeluarkan jumlah histamina secara berlebihan.
Penyebabnya juga boleh dikaitkan dengan masalah tekanan, memakai kain kasar atau baju ketat, jam tangan, panas dan dingin. 95/100 kasus seperti ini masih belum ada perawatannya. Karena bekas bengkak biasanya akan hilang dalam waktu 15-30 menit dan ada juga yang bertahan sampai beberapa jam.
Pada Tahun 2008, seorang pelukis, Ariana Page Russel Neatorama menggunakan kulit sensitifnya untuk menghasilkan seni yang cukup mengagumkan pada tubuhnya.

3. Misteri Garisan Blaschko
Garisan ganjil ini pertama dilihat pada tahun 1901 oleh seorang ahli dermatologi Jerman, Alfred Blaschko. Pola garisan Blaschko jarang terjadi dan tidak ada penjelasan sama sekali tentang anatomi garisan ini dikulit manusia dan di klarifikasikan sebagai penyakit kulit atau mukosa.
Uniknya, garisan berseni ini menghiasi tubuh dengan corak huruf "V" dan "S". Alur garis ini dipercayai sebagai pergerakan sel embrionik dan sel lebih matang mengatasi mutasi genetik. Dan fenomena ini tidak hanya terjadi pada kulit manusia tetapi juga kulit binatang seperti anjing dan kucing.

4. Tompok Putih
Apabila sel pigmen melanosit dalam kulit mati, maka terjadilah Viltigo atau tompok putih. Pada awalnya hanya berukuran kecil dan lama kelamaan akan semakin membesar dan berubah bentuk. Paling sering terjadi pada bagian muka, tangan, hidung, dan anggota tubuh lainnya.
Ada teori mengaitkan kejadian ini disebabkan faktor kombinasi autoimun dan genetik. Namun masalah ini bisa menganggu psikologi dan percaya diri seseorang.
Pada tahun 1986, penyanyi terkenal Michael Jackson juga pernah didiagnosis mengindap penyakit ini.


5. Tungiasis Bersarang dan Bertelur
Tungiasis merupakan radang kulit akibat kutu tunga ectoparasitic. Dikenal juga sebagai kutu jiger, nigua atau kutu pasir.
Parasit ini ditemuin di bagian tropika Afrika, Caribbean, Amerika Selatan dan India. Sangat menjijikan, kutu ini akan membuat satu lubang dan bersarang didalam kulit sebelum dia bertelur dan berkembang biak.
Dia juga menyebabkan rasa sakit, radang kulit dan gatal. Ukuran kutu tunga ini yang paling kecil cuma satu milimeter dan besarnya mencapai ukuran 20 sentimeter. Organisme betina bisa mengeluarkan 100-200 telur dalam sehari. Telur bernanah dan berbintik hitam di bagian tengah ini paling suka bersarang pada kawasan kulit kaki.

6. Lelaki Pohon
Yang terakhir merupakan kondisi kulit yang paling memperihatinkan dan terjadi pada seorang nelayan, Dede Koswara (36) dari Indonesia yang dijuluki sebagai "Lelaki Pohon".
 Menurutnya, sewaktu remaja,dia mengalami luka pada lututnya dan berubah menjadi sebuah kutil besar seakan-akan akar-akar pohon menjalar keluar dari tubuhnya. Ketumbuhan itu semakin membesar di bagian kaki, tangan dan mulai bertunas di sekeliling mata dan hidungnya.
Kata Dede, dia akan merasa sakit jika kutil itu ditarik atau terbelit. Malah dia merasa sering keletihan walaupun hanya beberapa langkah karena keberatan menanggung ketuat tebal pada kaki dan tubuhnya.



 

3 comments:

  1. Wahhh... serem bgt ya.. jgn ampe dech g kena...
    Btw, ada gak cara pencegahannya, supaya kita terhindar dari ke6 penyakit kulit diatas?

    ReplyDelete
  2. wah wah... susah juga ya... Hm.. cara pencegahan nya mungkin sayangi n jaga kulit kita yang sekarang.. N kalau ada sakit atau luka jangan di sepelekan... hehehe... ^.^

    ReplyDelete
  3. Dilihat dari ke 6 kondisi kulit di atas. Yang paling memprihatinkan mungkin yang kondisi ke 6. Yang patut kita acungin jempol adalah semangat hidup nya Dede Koswara (36) yang di kenal sebagai lelaki pohon, karena dengan kondisi kulit seperti itu akan sangat menyakitkan.

    ReplyDelete