Thursday, October 21, 2010

TEMPAT MISTERIUS DAN TEMPAT UNIK

Pulau Poveglia adalah pulau kecil yang terletak antara Venezia dan Lido di Lagoon Venezia di Italia. Menurut sumber, pulau ini tidak berpenghuni dan tertutup untuk umum karena sejarah yang sangat kelam.

Tahun 1576 italia terkena wabah pes atau yang disebut dengan 'black plague'. Karena mematikan dan belum ada obatnya, ribuan mayat mulai menumpuk dan membuat lingkungan semakin memburuk. Orang-orang mulai panik, sehingga mereka mengambil semua mayat-mayat ke Pulau Poveglia dan membakar mereka. Mereka juga menggali lubang-lubang di Pulau untuk mayat-mayat.

Lebih mengerikan lagi, ketika hukum mulai dijalankan. yaitu tiap orang tidak peduli bayi, anak-anak, atau orang dewasa yang memiliki tanda-tanda pes akan diasingkan ke pulau ini untuk mati dalam penderitaan. diperkirakan lebih dari 160.000 orang tewas mengenaskan di poveglia.

Pada tahun 1922, sebuah rumah sakit jiwa dibangun di Pulau itu. Mitos mengatakan bahwa operator rumah sakit adalah seorang dokter gila yang jahat yang menggunakan pasien-pasiennya untuk bereksperimen.

Konon, dokter tersebut melakukan eksperimen seperti lobotomy menggunakan alat seperti palu dan bor tangan manual. Selain karena tekanan dari dokter, pasien-pasien tersebut juga mendapat gangguan yang katanya berasal dari arwah gentayangan korban wabah pes tetapi tak ada yang percaya karena mereka sudah dianggap gila.

Konon, Setelah beberapa lama, dokter tersebut merasakan kehadiran arwah penasaran poveglia. Akhirnya dokter mulai melihat roh dirinya sendiri dan melompat (atau dilempar?) Dari menara lonceng kematiannya. Rumor menyebutkan mayat dokter itu ditanam (dibata) di menara tersebut.

Hingga saat ini, poveglia masih menjadi tempat yang sangat menyeramkan. Dan telah masuk dalam acara tv 'scariest place on earth'. Ada rumor yang mengatakan nelayan venesia tidak mau mencari ikan di daerah sini karena sering menemukan sisa-sisa mayat manusia. Selain itu, katanya sering terdengar suara lonceng dari menara padahal sudah tidak ada lonceng di sana.

Nah, kebalikan dari pulau Povelgia,  susahnya mengubur warga yang meninggal di kota Longyearbyen.
-Kota kecil Longyearbyen di Kepulauan Svalbard-Norwegia adalah salah satu kota di dunia berada paling di utara. Di negeri di atas Lingkaran Kutub Utara itu matahari bersinar 24 jam di musim panas, kemudian penduduk akan berada dalam kegelapan terus-menerus di musim dingin tanpa matahari.

Hal itu memang unik namun ada hal unik lainnya yakni kehidupan di Longyearbyen ada kebiasaan aneh yang sudah menjadi aturan kota ini.

Jika salah satu penduduknya meninggal di sana, maka mayatnya tidak akan dikuburkan. Lho mengapa tidak dikuburkan? Karena hawa dingin membuat mayat dalam tanah tidak bisa terurai sempurna. Jadi kasarnya mayat tidak akan membusuk bahkan akan menumpuk jika banyak orang meninggal.

Fakta unik di Kota ini tidak berarti harus selektif tentang siapa yang boleh masuk ke kuburan, hanya saja lapisan es dalam tempat yang lebih dingin itu tidak mendorong dekomposisi alami mayat.

Tidak seorang pun yang meninggal dan dimasukkan dalam kuburan selama lebih dari 70 tahun terakhir. Untuk menerima penguburan yang layak, warga harus membuat perjanjian lanjutan dan akan diterbangkan ke bagian lain di wilayah negara Norwegia.

Sumber metrogaya.com


Analisa
Pulau povelgia saya katakan sebagai tempat misterius. Di mana pulau tersebut dinamakan sebagai pulau arwah ketika semua mayat atau penderita wabah pes diungsikan ke pulau tersebut agar yang lainnya tidak terjangkit.Walaupun telah dibangun sebuah rumah sakit di Pulau tersebut ternyata malah menambah penderitaan para warga yang terjangkit. Dengan adanya seorang dokter yang menggunakan mereka untuk melakukan eksperimen gila. Sedangkan kota Longyearbyen saya katakan sebagai tempat unik, karena kota tersebut sangat kesusahan ketika ada salah seorang warga yang meninggal. Hawa dingin yang ada di kota tersebutlah yang mengharuskan warga menyeleksi terlebih dahulu yang mana harus dikubur. Akan tetapi apabila ingin mendapatkan penguburan yang lebih layak, mayat akan diterbangkan ke bagian lain di wilayah negara Norwegia. ^.^

No comments:

Post a Comment